TIPS AGAR RUMAH BAMBU AMAN DI MUSIM HUJAN


Cuaca yang tak menentu,dari panas terik lalu tiba tiba hujan.Membuat sebagian client kami bertanya,apakah akan mengakibatkan kerusakan pada struktur bangunan bambu yang mereka tinggali?
jawabannya : iya.
Eits , tapi jangan khawatir kerusakan terjadi apabila tidak diberikan treatment atau perawatan sebelum memasuki musim hujan.Lalu treatment apa atau bagaimana perawatan menghadapi musim hujan?
Berikut kami berikan beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencegah kerusakan pada bangunan bambu dalam memghadapi musim hujan.

1. CEK ATAP
Periksa kondisi atap apakah ada kebocoran atau tidak.Karena dengan adanya kebocoran atap,akan menimbulkan masalah baru,seperti pembusukan pada rangka atap dan rangka struktur bangunan yang terkena tetesan air hujan,yang mungkin tidak disadari.Lakukan pengecekan pada seluruh sambungan atap atau nok,dan pastikan semua aman.

2. CEK DINDING
Dinding yang terbuat dari bilik bambu sebenarnya kuat untuk menahan tetesan air hujan dalam jangka waktu tertentu.Namun sebaiknya cek kembali apakah lapisan pelindung atau vernish bilik tersebut masih mampu mereduksi aliran tetesan air dengan baik atau tidak.
Caranya dengan menyemprotkan air pada dinding bilik tersebut menggunakan sprayer atau diciprat dengan tangan juga bisa.Kalau air menempel lama atau tidak mengalir atau justru mengembun,berarti harus segera di berikan treatment ulang dengan cara melakukan pelapisan ulang dengan vernish.Secara kasat mata apabila warna dinding sudah kusam atau tidak mengkilat ,berarti sudah harus di vernish ulang.Karena selain dari tampilan juga kurang menarik,juga akan mengakibatkan pembusukan pada dinding dan berjamur.

3. CEK LANTAI DAN PONDASI
Memang tidak terlalu kentara atau jarang sekali ditemukan kasus kerusakan pada lantai atau pondasi.Namun alangkah lebih baik kalau memastikan apakah ada retakan atau keganjilan pada lantai dan pondasi.
karena tidak menutup kemungkinan adanya pergerakan tanah atau perenggangan pada struktur pondasi karena faktor alam.Apabila daya dukung pondasi ada penurunan bisa dipastikan akan ada kerusakan pada pondasi,dan imbasnya akan ada perubahan pada lantai.
Segera lakukan perbaikan apabila ditemukan hak yang dianggap bisa merusak pondasi dan lantai.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah hal hal yang tidak di inginkan pada bangunan bambu menghadapi musim hujan.Semoga bermanfaat dan tetaplah menjadi costumer yang cerdas dan siaga.
terimakasih
Share on Google Plus

Kontak Unknown

Alamat Kantor: Jl.Raya LASWI - Majalaya , Kampung Sukawening Rt.02 Rw.04 ,Desa Padaulun , Majalaya , Kab.Bandung. Buka setiap hari kerja pukul 09.00 - 17.00 WIB (Hari Jumat libur). Tlp./SMS/WA: 085311974548 (Muhamad Romli/Obie), PIN BBM: 54F67D63.

0 komentar anda :

Posting Komentar