Menentukan desain rumah bambu dan gazeboo


Beberapa hal yang sering terlupakan saat akan membuat sebuah bangunan pelengkap taman ,seperti gazeboo atau saung.Diantaranya adalah posisi lahan dan luas lahan yang tersedia.Padahal hal tersebut sangat berpengaruh terhadap desain dan jenis material apa yang cocok untuk tempat tersebut.Tentunya juga akan berimbas terhadap harga borongan atau biaya pengerjaannya.

Posisi Lahan
Posisi lahan mencakup kondisi geografis,kemiringan tanah,jarak tempuh dari produsen dan jalan akses untuk langsir material.
Kondisi geografis sangat berpengaruh dengan pemilihan jenis bahan baku yang akan dipakai,karena antara daerah pegunungan dengan daerah pesisir tentu akan berbeda desain pondasi dan juga material yang awet untuk kondisi setempat.
Untuk posisi lahan yang berada di tanah dengan kemiringan atau sloofing tentu akan berbeda dengan posisi tanah datar atau di atas kolam.
Pihak pemborong sudah pasti akan memperhitungkan biaya transport (mobilisasi dan demobilisasi) baik untuk material ataupun tenaga kerja.Sehingga semakin jauh jarak produsen dengan konsumen,sudah pasti akan mempengaruhi harga borongan.
Selain itu jalan akses menuju lokasi juga berpengaruh terhadap harga borongan dan desain.Kondisi jalan yang dilalui dari tempat pengepokan ke lokasi yang sempit dan jauh atau berada ditengah tengah keramaian atau ditengah taman,akan menimbulkan biaya tambahan bagi pemborong,sehingga mau tidak mau harga tersebut akan dimasukan kedalam harga borongan.

Luas Lahan
Semakin luas lahan yang akan dibangun,tentunya akan semakin turun harga borongannya.karena pada prinsipnya,seperti sudah dijelaskan diatas,bahwa pemborong akan memperhitungkan segala sesuatunya sebelum menjatuhkan harga borongan.Jadi dengan luasan yang semakin besar,tentunya jumlah faktor pembagi akan semakin besar juga.Sebagai contoh untuk bangunan gazeboo bahan kayu kelapa  ukuran 2 x 2 m sebanyak 3 unit harga per unitnya Rp.15.000.000, tetapi apabila hanya membuat 1 unit dengan desain yang sama,harganya bisa jadi Rp.17.500.000.
Kenapa seperti itu?, karena dengan membuat 1 unit dengan membuat 3 unit,biaya transport sama dengan membuat 1 unit.Semakin banyak volume pekerjaan ,sudah tentu faktor pembagi semakin besar.Dan dengan besarnya pekerjaan faktor barang sisa juga bisa dieliminir,dengan memakai bahan potongan dirakit untuk dipergunakan kembali.

Dari dua hal tersebut diatas bisa dijadikan acuan sebelum membangun baik rumah maupun gazeboo sebaiknya mematangkan dulu desainnya,dengan menganalisa hal-hal tersebut diatas,sehingga tidak terjadi kesalahfahaman antara konsumen dengan pihak pemborong dikemudian hari.
Share on Google Plus

Kontak CV.BASIC24

Alamat Kantor: Jl.Raya LASWI - Majalaya , Kampung Sukawening Rt.02 Rw.04 ,Desa Padaulun , Majalaya , Kab.Bandung. Buka setiap hari kerja pukul 09.00 - 17.00 WIB (Hari Jumat libur). Tlp./SMS/WA: 085311974548 (Muhamad Romli/Obie), PIN BBM: 54F67D63.

0 komentar anda :

Posting Komentar