Saung Wisata Eco Bambu

Bila berkujung ke kawasan utara Bandung,tepatnya di Cipaku. Anda akan di suguhkan beberapa pilihan tempat wisata dan penginapan yang mengusung tema beragam. Dari tema ghotic , minimalis modern dan tradisional.
Namun yang menarik adalah kawasan terpadu yang bernuansa tradisional dan unik,yaitu ECO BAMBU CIPAKU (Estetika Cipaku Oase Barisan Muda Bandung Utara).
ECO BAMBU Cipaku sendiri adalah tempat kegiatan dan sanggar seni budaya Sunda. Ini merupakan kawasan edukasi, seni dan budaya Sunda yang bisa diterima oleh semua lapisan masyarakat.
Di sini Anda bisa menikmati duduk di saung-saung bambu sambil menikmati aneka pertunjukan ala Sunda (angklung, pencak silat, jaipongan, dan sebagainya). 
Di Eco Bambu Cipaku juga ada hutan bambu observasi dan budi daya sekaligus museum bambu hidup. Target pada tahun 2020 diencanakan akan dibangun Institut Bambu dengan areal tanah sekitar lima belas hektare.
Menelisik segi konstruksi yang terbuat dari bambu,disini anda dapat melihat beberapa jenis bangunan bambu dengan konstruksi struktur yang berbeda-beda sesuai fungsi bangunannya itu sendiri.
Nilai plus dari kawasan ini adalah membangun di atas lahan sesuai dengan kontur asli tanahnya,tanpa adanya pekerjaan Cut & Fill.

1. Wirahma Hall

Sebagai tempat pertunjukan indoor dan bisa juga berfungsi sebagai meeting room. Dengan konstruksi yang memadukan arsitektur kontemporer dengan bangunan bambu. Bentuk bangunan persegi memungkinkan untuk menampung banyak orang,dan bentuk atap pelana memberikan kesan lapang.
 
2. Pujasera

Dengan posisi berderet dan di batasi dengan sekat sekat dari bilik,menimbulkan kesan exclusive dan memudahkan pembagian ruang antara beberapa penjual. Yang menarik disini adalah ornamen bambu yang menghiasi beberapa bagian kedai. Seperti lampion bambu dan tempat menaruh nama-nama kedai yang terbuat dari bambu juga.



Konstruksi "tagog anjing" terkesan sederhana namun dari segi konstruksi sangat efisien untuk memanfaatkan keterbatasan posisi lahan.
Setiap sambungan bambu di permanis dengan ikatan tali rotan yang harmonis.

3. Pendapa/paseban



Tempat ini menggunakan sistem konstruksi Fascia. Jadi walau terbuat dari bambu,namun segi kekuatan tentu sangat baik. Di area ini uniknya biasa di gunakan untuk tempat latihan pencak silat dll,karena lantainya sudah di lapisi dengan matras.

4. Musholah

 Bangunan musholah yang terbuat dari bambu memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang menjalankan ibadah di tempat ini. Unik dan nyentrik dengan dinding yang terbuat dari "palupuh" (bilah bambu betung yang di cacah) dan struktur dari bambu hitam.


 6. Toilet


Area Toilet yang di sediakan juga tak lepas dari nuansa sentuhan Bambu,bahkan sampai dengan daun pintunya pun terbuat dari bambu.
Namun Fasilitas di dalamnya jangan di tanya, terdapat beberapa unit urinoir,Closet Duduk dan jongkok juga Wastafel dari merk ternama.
 
 


 7. Gazeboo

Ini dia tempat yang tentunya menjadi tempat Favorit untuk kumpul keluarga dan bercengkrama selama berwisata di ECO BAMBU.
Desain yang unik berbentuk persegi enam dengan struktur atap "ligar payung" dengan satu tiang penyangga di tengah,memberikan ruang yang luas untuk sekedar "botram" atau "murak timbel" yang semuanya tersedia di kantin dan pujasera tanpa harus repot membawa perbekalan dari rumah.























Selain fasilitas yang sudah di bahas tadi,adanya taman yang juga tak lepas dari sentuhan bambu. Pot bunga dan lampu taman yang ada disini terbuat dari potongan bambu memanfaatkan sisa konstruksi. Namun hasilnya bisa anda lihat sendiri.

Bagaimana Cantik Bukan? , pemanfaatan limbah konstruksi tersebut layakdi acungi jempol.
terutama dalam menjaga kelestarian hasil alam khususnya bambu. dan mungkin mulai sekarang andapun bisa mencoba mengaplikasikannya di rumah anda.
Share on Google Plus

Kontak Unknown

Alamat Kantor: Jl.Raya LASWI - Majalaya , Kampung Sukawening Rt.02 Rw.04 ,Desa Padaulun , Majalaya , Kab.Bandung. Buka setiap hari kerja pukul 09.00 - 17.00 WIB (Hari Jumat libur). Tlp./SMS/WA: 085311974548 (Muhamad Romli/Obie), PIN BBM: 54F67D63.

0 komentar anda :

Posting Komentar