Pengujian kekuatan Bambu


Kekuatan Tarik

Kekuatan tarik bambu yaitu Besaran kekuatan bambu dalam hal kemampuannya untuk menahan gaya-gaya tarik yang cederung menyebabkan bambu itu terlepas satu sama lain. Kekuatan tarik dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu kekuatan tarik tegak lurus serat dan kekuatan tarik sejajar serat. Kekuatan tarik sejajar arah serat merupakan kekuatan tarik yang terbesar pada bambu. Kekuatan tarik tegak lurus serat mempunyai hubungan dengan ketahanan bambu terhadap pembelahan.

Kekuatan tarik bambu untuk menahan gaya tarik berbeda-beda pada bagian batang dalam atau bagian luar, garis-tengah batang (batang yang langsing memiliki ketahanan terhadap gaya tarik yang lebih tinggi), serta pada bagian batang mana yang digunakan karena bagian kepala atau ujung.

Ujung bambu memiliki perbedaan kekuatan terhadap gaya tarik yang 12% lebih rendah dibandingkan dengan bagian pangkal.
Hasil pengujian terhadap kekuatan tarik bambu wulung diperoleh kuat tarik bambu wulung tanpa nodia 1.693 Kg/cm2 dan kuat tarik bambu wulung dengan nodia 1.499 Kg/cm2 (Morisco, 1996). Dapat dilihat bahwa kekuatan tarik bambu dengan nodia lebih rendah dari bambu tanpa nodia.

Kekuatan Geser Bambu


Nilai kuat geser bambu memiliki prinsip dan hubungan yang sama dengan kuat tekan bambu dimana kekuatan geser bambu juga turut dipengaruhi oleh berat jenis bambu dan masa serat dari bambu itu sendiri. Kekuatan geser sejajar serat pada bambu cukup rendah dibandingkan dengan kekuatan geser tegak lurus serat, kekuatan tekan dan kekuatan tariknya.

Kekuatan geser adalah ukuran kekuatan bambu dalam hal kemampuannya menahan gaya-gaya yang membuat suatu bagian bambu bergeser dari bagian lain didekatnya. Kekuatan geser berbeda-beda pada tebalnya dinding batang bambu
(kekuatan geser pada dinding bambu 10 mm menjadi 11% lebih rendah daripada dinding bambu setebal 6 mm), dan pada bagian ruas dan bagian di antara ruas
batang bambu. Hasil pengujian terhadap sifat fisik dan mekanika bambu wulung diperoleh kekuatan geser sejajar serat 61,4 Kg/cm2 (Ginoga, 1977).
Share on Google Plus

Kontak Unknown

Alamat Kantor: Jl.Raya LASWI - Majalaya , Kampung Sukawening Rt.02 Rw.04 ,Desa Padaulun , Majalaya , Kab.Bandung. Buka setiap hari kerja pukul 09.00 - 17.00 WIB (Hari Jumat libur). Tlp./SMS/WA: 085311974548 (Muhamad Romli/Obie), PIN BBM: 54F67D63.

4 komentar anda :

  1. Mantap gan , lanjutkan bermanfaat banget

    BalasHapus
  2. Waw bisa buat bahan kajian makalah saya nih gan
    Makasih

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas apresiasinya gan
    Siap insya alloh tetap berusaha memberikan informasi bermanfaat.

    BalasHapus
  4. Terimakasih atas apresiasinya gan
    Siap insya alloh tetap berusaha memberikan informasi bermanfaat.

    BalasHapus