Pembuatan Taman dan tips memilih Tanaman Hias


Keberadaan taman yang asri di halaman rumah,akan membuat betah dan nyaman pemiliknya maupun orang-orang di sekitar rumah tersebut.Namun dalam menentukan pilihan jenis tanaman,rumput dan desain taman itu sendiri tidak bisa sembarangan asal tanam.Karena setiap tanaman mempunyai karakter dan habitat masing-masing.Contohnya untuk daerah kering dan berada di dataran rendah akan lebih cocok bila menanam bunga-bunga'an dengan kelopak kecil atau yang berupa tanaman perdu.Karena tanaman jenis tersebut akan lebih kuat dan tahan dengan kondisi kering dan panas.

Namun sebenarnya kita tidak perlu terlalu pusing sendiri dalam pemilihan tanaman yang cocok dan sibuk dengan desain taman yang akan dibuat.Karena saat ini lebih mudah dijumpai kontraktor atau tenaga ahli yang siap membantu dari mulai desain sampai ke tahap penanaman dan perawatannya.Selain tidak harus ikut pusing,tentunya hasil pekerjaannya pun akan maksimal berbeda halnya bila dikerjakan sendiri.Namun ada baiknya bila sebagai owner atau pemberi tugas kerja juga harus tahu beberapa hal yang berkaitan dengan cara memilih tanaman yang akan ditanam.

1. Pilihlah tanaman yang tidak gampang di serang ulat atau hama.Bagaimana jadinya bila taman yang harusnya bisa menjadi tempat yang menyenangkan untuk berkumpul dan bermain bersama keluarga,berubah menjadi tempat yang menyeramkan karena adanya gangguan ulat dan hama.

2. Sesuaikan tanaman yang ditanam dengan kondisi tanah dan musim atau cuaca.Jangan sampai menanam pohon atau bunga yang hidup di daerah subtropis di daerah indonesia.

3. Kombinasikan penempatan antara tanaman berdaun lebar dengan tanaman yang berdaun kecil.

4. Sesuaikan komposisi antara tanaman berbatang keras dengan tanaman jenis perdu atapun tanaman berdaun kecil.Karena konsep taman yang baik itu memadu-madankan secara teliti komposisi dan penempatan kedua jenis tanaman tersebut.Jangan sampai alih-alih ingin membuat halaman menjadi rindang tapi rumah anda menjadi rusak.Karena perlu di ingat bahwa tanaman keras biasanya mempunyai akar yang bisa saja menjalar ke arah pondasi rumah dan menghancurkannya.

5. Kenali dan fahami karakteristik setiap jenis tanaman yang akan di tanam.Yang utamanya adalah klasifikasi tanaman jenis tanaman basah dan tanaman kering.Hal ini perlu di perhatikan agar tidak menempatkan tanaman pada posisi atau lokasi yang salah,dan menempatkan springkle atau keran air untuk penyiraman di titik yang kurang tepat.Begitupun dengan perawatannya tentunya akan berbeda penanganannya antara tanaman kering dan tanaman basah.

6. Pemilihan warna bunga dan daun tanaman juga harus di perhatikan,agar kombinasi warna yang terdiri dari susunan tanaman dan bunga kelihatan harmonis.

Dalam pemilihan konsep dan jenis tanaman untuk taman,sebenarnya bisa mengambil dari beberapa referensi dari internet ataupun dari majalah ,Berikut ini beberapa contoh taman sebagai referensi,untuk melihatnya bisa klik disini
Share on Google Plus

Kontak CV.BASIC24

Alamat Kantor: Jl.Raya LASWI - Majalaya , Kampung Sukawening Rt.02 Rw.04 ,Desa Padaulun , Majalaya , Kab.Bandung. Buka setiap hari kerja pukul 09.00 - 17.00 WIB (Hari Jumat libur). Tlp./SMS/WA: 085311974548 (Muhamad Romli/Obie), PIN BBM: 54F67D63.

0 komentar anda :

Posting Komentar