Keuntungan memakai dinding Bilik Bambu

Banyak yang mempertanyakan apa sih kelebihan atau keuntungan dinding yang menggunakan bilik (anyaman) bambu?
Seperti kita ketahui bahwa ada 2 jenis bilik bambu yang biasa digunakan sebagai penutup dinding bangunan.Dan masing-masing bilik tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda pula,sesuai dengan jenis bahan yang digunakan.

1. BILIK HINIS
Bilik hinis (sunda : kulit luar bambu/sembilu) terbuat dari kulit terluar dari bambu yang di anyam demikian rupa,bisa polos ataupun corak/motif.

- Bilik polos terbuat dari satu jenis bambu tanpa adanya motif atau corak,biasanya dari bahan hinis bambu apus.
- Bilik Motif atau Corak terbuat dari 2 jenis atau lebih hinis bambu,biasanya bagian corak menggunakan bahan dari bambu hitam dan warna dasar dari bambu apus.

2. BILIK DAGING (ATÈN-ATÈN)
Bilik daging (atèn-atèn : sunda = bagian daging bambu) terbuat dari bagian daging bambu,biasanya tanpa corak atau polos.Terbuat dari bambu hitam atau bambu apus.

Kelebihan dan kekurangan bilik bambu berdasarkan jenis bahan bakunya adalah sebagai berikut :

A.BILIK HINIS
- Kelebihan bilik ini selain warnanya yang lebih mengkilat,lebih kuat dan lebih awet,kedap air,lebih tahan terhadap cuaca juga lebih kuat terhadap gangguan binatang pengerat ataupun rayap.Biasanya digunakan sebagai dinding,plafond ataupun sebagai lapisan penutup daun pintu pengganti triplek.Sebagai bahan yang bersifat isolator tidak bisa menghantarkan elektrik jadi aman.Pada siang hari akan menyerap panas dan malam hari panas tersebut akan di lepaskan.sehingga saat siang hari suhu di dalam bangunan akan tetap terasa nyaman,dan saat malam hari akan terasa hangat.
- Kekurangannya dari segi harga sekarang sudah cukup tinggi karena proses pembuatannya cukup rumit jadi lebih lambat di banding pembuatan bilik daging,bahan ini mudah terbakar.

B. BILIK DAGING (ATÈN-ATÈN)
- Kelebihan: selain harganya lebih murah,bilik daging ini juga lebih ringan,pengerjaannya lebih cepat karena lebih simpel.
 - Kekurangan: bilik seperti ini akan mudah di makan rayap dan tikus,serta warnanya yang tidak mengkilat serta bersifat tidak kedap air jadi mudah sekali lapuk dan bahan ini mudah terbakar.

Untuk bahan-bahan tersebut biasanya dijual dalam berbagai ukuran,mulai dari ukuran  2x2 m2 , 2.5x3 m2
, 2.5x2 m2 , 3 x 3m2 atau bisa juga dengan ukuran sesuai pesanan,namun harganya juga pasti lebih mahal.

Share on Google Plus

Kontak Unknown

Alamat Kantor: Jl.Raya LASWI - Majalaya , Kampung Sukawening Rt.02 Rw.04 ,Desa Padaulun , Majalaya , Kab.Bandung. Buka setiap hari kerja pukul 09.00 - 17.00 WIB (Hari Jumat libur). Tlp./SMS/WA: 085311974548 (Muhamad Romli/Obie), PIN BBM: 54F67D63.

0 komentar anda :

Posting Komentar