Harga Rumah Bambu 2015


Dalam penentuan harga borongan pembuatan rumah bambu,biasanya dipengaruhi oleh faktor desain dan lokasi tempat di buatnya rumah bambu tersebut.Faktor desain berpengaruh dengan biaya pembuatan karena jenis material dan faktor fluktuasi harga menentukan harga satuan pekerjaan.Untuk lokasi pekerjaan berpengaruh dengan jauh dekatnya mobilisasi dan demobilisasi material dan pekerja juga menentukan besarnya harga satuan upah pekerja.

Sebagai contoh,rumah dengan desain lantai kayu akan berbeda harganya dengan rumah dengan lantai keramik.Lantai dengan kayu mahoni akab berbeda juga tentunya dengan lantai kayu kamper.Karena kualitas bahan dan harga dasar materialnya pun jelas berbeda.
Begitu juga untuk pembuatan rumah di Bandung akan berbeda dengan rumah yang di buat di Kuningan misalnya.
Selain faktor akses mob demob juga harus adanya tambahan akomodasi untuk pekerja bila dipekerjakan di luar kota.
Tingkat kesulitan dari tiap penggunaan material dan perbedaan lokasi jelas akan berpengaruh dalam menentukan besarnya Rencana Anggaran Biaya (RAB).Dan kontraktor atau pemborong akan memperhitungkan faktor alam tentunya.
Sebagai gambaran pembuatan sebuah rumah ukuran 30 m2 di Buah Batu,Bandung dengan spesifikasi,Lantai keramik Lokal,dinding bilik motif dobel,struktur tiang bambu Gombong,sarigsig dan konstruksi rangka atap bambu hitam dan bambu apus,Atap genteng,harganya saat ini Rp.1.850.000/m2.Untuk di Kuningan harganya Rp.2.000.000/m2.
Selain itu,ukuran bangunan juga di perhitungkan.Karena pembuatan Rumah dengan ukuran kecil dengan ukuran besar biaya Mob demob nya sama.Jadi biaya mob demob di bagi luasan bangunan,maka jatuh harga per meter perseginya bangunan yang ukuran kecil akan lebih tinggi dari bangunan yang lebih besar.
Dari contoh spesifikasi bahan di atas apabila dengan ukuran kurang dari 30 m2,harga per meter perseginya Rp.1 925.000/m2 untuk daerah Bandung, Dan Rp.2.100.000/m2 untuk daerah kuningan.
Namun harga tersebut tidak mengikat sebelum adanya kontrak.Maka dari itu sebaiknya konsultasikan dulu dengan kontraktor atau pemborongnya untuk masalah harga. Yang terpenting komitmen antara owner dengan kontraktor atau pemborong sesuai dengan kesepakatan dalam kontrak kerja.
Share on Google Plus

Kontak Unknown

Alamat Kantor: Jl.Raya LASWI - Majalaya , Kampung Sukawening Rt.02 Rw.04 ,Desa Padaulun , Majalaya , Kab.Bandung. Buka setiap hari kerja pukul 09.00 - 17.00 WIB (Hari Jumat libur). Tlp./SMS/WA: 085311974548 (Muhamad Romli/Obie), PIN BBM: 54F67D63.

8 komentar anda :

  1. Balasan
    1. Bisa nego sesuai spek,lokasi,dan luasan bangunan gan.
      Terimakasih

      Hapus
  2. Apakan bahan bambunya sdh diawetkan ? Dengan perawatan yg baik bangunan bisa kuat berapa lama kang ?

    BalasHapus
  3. Apakan bahan bambunya sdh diawetkan ? Dengan perawatan yg baik bangunan bisa kuat berapa lama kang ?

    BalasHapus
  4. Bahan Bambunya sudah diawetkan ? Dan dengan perawatan yg baik kuat bertahan berapa lama jang

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk bambu yang sudah di awetkan bisa tahan 30-50tahun
      kami menggunakan bambu non pengawet tapi dengan kriteria khusus jadi bisa bertahan 20-25 thn

      Hapus
  5. kang kalo hanya pesan gambar ama RAB rumah bambu berapa? mhn tanggapannya secepatnya ya...kami di daerah Pulau Bawen Gresik

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf baru kami balas pak
      untuk desain dan RAB kami kenakan tarif sesuai luasan bangunan dan kerumitan desainnya
      rate nya antara 5-10% dari biaya total.
      terimakasih

      Hapus