cara memanfaatkan Limbah Bambu


Dalam pekerjaan konstruksi dikenal faktor waste atau buangan.Begitupun dalam konstruksi bambu pasti akan ada bagian atau potongan potongan yang tidak terpakai.Walau limbah bambu tidak berbahaya dan dapat terurai oleh proses alami,namun lebih baik limbah tersebut kita manfaatkan menjadi sesuatu yang lebih bernilai dan bermanfaat.Daripada cuma hanya jadi kayu bakar tentu dengan kreatifitas kita bisa meningkatkan nilai ekonomisnya apabila di jadikan karya seni.

Dengan kemajuan teknologi bahkan dari potongan bambu,bisa dibuat menjadi papan lapis yang lebih kuat dibandingkan dengan papan lapis yang terbuat dari kayu kelas 2.Bahkan di beberapa negara di eropa,penggunaan papan lapis dari bambu sangat diminati karena selain tahan dengan cuaca dingin,papan lapis bambu bisa menyimpan panas yang di serap pada siang hari dan dilepaskannya pada malam hari.Untuk saat ini papan lapis bambu memang masih belum produksi secara masal.

Tidak perlu menggunakan bambu utuh untuk membuat papan lapis bambu,cukup memanfaatkan potongan-potongan sisa pekerjaan konstruksi yang ada.Dari papan lapis bambu tersebut bisa dimanfaatkan layaknya triplek atau papan kayu lapis.

Namun untuk sampai dengan penggunaan teknologi seperti itu memang perlu biaya besar.untuk skala perorangan atau pribadi,Pemanfaatan limbah bambu bisa juga dibuat menjadi aksesoris eksterior dan interior,Seperti menjadi kap lampu gantung dan lampu taman,ventilasi dan lain sebagainya.Dengan memanfaatkan limbah potongan bambu,diharapkan akan bisa mengurangi pencemaran , dan kerusakan alam akibat eksploitasi alam yang semakin memprihatinkan.


Share on Google Plus

Kontak Unknown

Alamat Kantor: Jl.Raya LASWI - Majalaya , Kampung Sukawening Rt.02 Rw.04 ,Desa Padaulun , Majalaya , Kab.Bandung. Buka setiap hari kerja pukul 09.00 - 17.00 WIB (Hari Jumat libur). Tlp./SMS/WA: 085311974548 (Muhamad Romli/Obie), PIN BBM: 54F67D63.

0 komentar anda :

Posting Komentar