Taman minimalis

Dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk,mau tidak mau kebutuhan akan ketersediaan hunian semakin meningkat.
Namun berimbas pula terhadap tata kelola ruang terbuka hijau yang semakin sempit.
Padahal keberadaan ruang terbuka hijau sangat penting sebagai daerah resapan air dan untuk mengurangi dampak polusi udara.


Begitu pula halnya dengan keberadaan taman di halaman rumah yang seharusnya bisa menjadi tempat resapan air hujan,kini seolah terabaikan.Bagi anda yang hidup di perkotaan yang tidak memiliki cukup lahan untuk di jadikan taman,ada beberapa alternatif mensiasati keterbatasan lahan untuk di jadikan ruang terbuka hijau atau taman sebagai penambah unsur estetika bangunan juga sebagai penyedia oksigen tentunya.

Berikut ini beberap alternatif taman yang bisa di aplikasikan untuk bangunan rumah :
  • Taman gantung




Alternatif yang pertama ini biasanya di terapkan untuk hunian yang halamannya berbatasan dengan dinding atau pagar bangunan lain.
Untuk mengurangi efek sumpek dan pengap,bisa di kurangi dengan membuat atau menanam tanaman bunga perdu,bisa di dalam pot atau dalam pipa yang di lubangi yang di gantungkan pada dinding pembatas halaman.

  • Taman atap
Bagi anda yang berada di kawasan hunian yang padat,biasanya membuat rumah meninggi ke atas dan mempunyai tempat khusus untuk menjemur pakaian di atas dak.



Tempat tersebut juga bisa di jadikan taman.
Biasanya untuk taman di atas dak menggunakan pot atau bisa juga dibuat semacam "skylandscape" yang lazim di aplikasikan di gedung gedung pencakar langit di kota kota besar.
Namun tentunya aspek kekuatan konstruksi juga harus di perhitungkan sebelum memutuskan konsep taman yang akan di buat di atas dak tersebut.

  • Taman deret

Sama halnya dengan alternatif pertama,untuk mensiasati halaman yang berbatasan langsung dengan pagar atau tembok pembatas,cuma bedanya untuk taman deret,tanaman di tanam secara berderet di tanah atau pot.
Dan antara taman deret dan taman gantung bisa di kompilasikan untuk menambah variasi taman.

  • Taman dalam ruangan
Untuk yang satu ini sebenarnya bisa di aplikasikan bukan hanya untuk hunian di tempat yang memiliki keterbatasan halaman,tapi bisa juga di aplikasikan di rumah rumah mewah yang memang ingin membawa unsur alami ke dalam ruangan.




                                         

Dan taman dalam ruangan ini sangat banyak metodenya yang bisa di eksplor sesuai luas ruangan,hobby,konsep bangunan itu sendiri dan sesuai budget pula tentunya.

Dari beberapa alternatif tersebut,anda bisa memilih dan menentukan konsep yang mana yang lebih cocok anda terapkan untuk taman di rumah anda.
Namun tentunya akan lebih baik bila dalam pemilihan jenis tanaman dan media tanam,di konsultasikan dengan orang yang mengerti dengan hal tersebut.
Agar tidak terjadi kegagalan dalam konsep pembuatan taman.



Share on Google Plus

Kontak Unknown

Alamat Kantor: Jl.Raya LASWI - Majalaya , Kampung Sukawening Rt.02 Rw.04 ,Desa Padaulun , Majalaya , Kab.Bandung. Buka setiap hari kerja pukul 09.00 - 17.00 WIB (Hari Jumat libur). Tlp./SMS/WA: 085311974548 (Muhamad Romli/Obie), PIN BBM: 54F67D63.

0 komentar anda :

Posting Komentar