Musholah Dari Bambu



Bangunan bambu tidak hanya bisa di aplikasikan atau digunakan sebagai rumah tinggal atau gazebo ataupun rumah makan lesehan.Selain itu juga bangunan bambu bisa di aplikasikan untuk bangunan musholah dengan nuansa etnik yang unik dan tentu saja suasana nyaman dan adem bakalan membuat betah pengunjungnya dalam melaksanakan ibadah.


Berikut ini salah satu contoh design musholah yang kami kerjakan di LABTEK XI Kampus SITH ITB.

Tampak depan musholah
Dengan konstruksi panggung selain memberikan kesan klasik,juga secara teknis sangat cocok untuk bangunan bambu.
Karena dengan posisi tiang yang berada di atas pondasi (tidak bersentuhan langsung dengan tanah) merupakan salah satu cara agar konstruksi tersebut tidak di gerogoti rayap.
Selain itu bangunan akan dengan mudah di angkat apabila suatu saat akan dipindahkan,dan kelebihan lainnya yaitu akan terhindar dari gangguan binatang melata dan sebangsa serangga tanah lainnya.

Dengan tidak mengurangi nilai estetika bangunan dan juga fungsinya,baik jendela maupun pintu masuk dibiarkan tanpa daun pintu ataupun daun jendela.Dengan demikian pencahayaan dan sirkulasi udara sangat bagus dan tanpa harus mengandalkan dari tenaga listrik,sehingga sangat layak apabila disebut sebagai bangunan yang ramah lingkungan.
Atap terbuat dari sirap kayu ulin yang dibawahnya dilapisi dengan lembaran bilik hinis motif sebagai plafond expose.Memberikan sentuhan klasik nan elegan juga cantik,unik.Namun juga memberikan kesejukan alami untuk orang yang berada di dalam bangunan,karena sifat alami kayu sebagai isolator panas yang baik,namun juga menyimpan energi panas tersebut untuk dilepaskan pada malam hari.Dengan adanya lapisan bilik hinis dibawahnya sangat efektif untuk menahan agar debu dari atap tidak langsung turun ke dalam bangunan.Dan juga ruang udara antara sirap dan bilik tersebut mampu mereduksi suhu di dalam bangunan,sehingga tetap nyaman dalam berbagai kondisi cuaca.

Share on Google Plus

Kontak CV.BASIC24

Alamat Kantor: Jl.Raya LASWI - Majalaya , Kampung Sukawening Rt.02 Rw.04 ,Desa Padaulun , Majalaya , Kab.Bandung. Buka setiap hari kerja pukul 09.00 - 17.00 WIB (Hari Jumat libur). Tlp./SMS/WA: 085311974548 (Muhamad Romli/Obie), PIN BBM: 54F67D63.

0 komentar anda :

Posting Komentar